Kegunaan Madu Bagi Kesehatan

Banyak sekali kegunaan madu bagi kesehatan, madu menjadi salah satu faktor penting dari obat-obatan tradisional sampai modern. Para ilmuwan telah berhasil mengembangkan kegunaan madu dengan meneliti manfaat madu dalam bidang ilmu kedokteran modern, terutama dalam mempercepat penyembuhan luka.

Madu merupakan minuman alami yang sangat dikenal di seluruh dunia. Berbagai negara mempunyai cara tersendiri dalam menamakan madu, termasuk bebagai wilayah di Indonesia sendiri madu memiliki nama yang berbeda-beda.

Madu merupakan minuman berkhasiat yang sangat populer di dunia, berbagai negara terus melakukan penelitian untuk memanfaatkan sebagai resep obat sampai minuman penambah stamina. Di Indonesia sendiri kegunaan madu sudah dimanfatkan secara turun temurun dan banyak orang percaya madu adalah obat 1001 macam penyakit. Ketika seseorang terkena penyakit, maka mereka memberinya madu sebagai obat. dibawah ini beberapa Kegunaan madu antara lain :

Kegunaan Madu Sebagai Sumber Energi

Madu mengandung sekitar 64 kalori per sendok makan. Oleh karena itu madu juga digunakan oleh banyak orang sebagai tambahan sumber energi. Selain itu madu juga mengandung karbohidrat yang selanjutnya dapat dengan mudah dikonversi menjadi glukosa bahkan oleh perut yang paling sensitif.

Madu Membatu Dalam Menurunkan Berat Badan

Meskipun madu memiliki lebih banyak kalori dari gula, tapi bila dikonsumsi dengan air hangat membantu dalam mencerna lemak yang tersimpan dalam tubuh kita. Dan jika lemak sudah dicerna otomatis lemak dalam tubuh kita akan berkurang dan berat badan kita akan turu. Oleh karena itu madu sangat baik buat kamu yang berusaha ngurusin badan secara alami.

Madu Berkhasiat Meningkatkan Kemampuan Atletik

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa madu adalah bantuan yang sangat baik dan membantu ergogenic dalam meningkatkan kinerja atlet. Madu menjaga kadar gula darah, penyembuhan dan pemulihan glikogen otot setelah latihan. Itulah alasan mengapa kita dianjurkan mengkonsumsi madu oleh instruktur kita saat sesudah melakuan fitnes

Madu Sebagai Sumber Vitamin dan Mineral

Madu mengandung berbagai vitamin dan mineral . Jenis vitamin dan mineral dan kuantitas madu tergantung pada jenis bunga yang produksi oleh lebah. Umumnya, madu mengandung Vitamin C , Kalsium dan Zat Besi.

Madu Sebagai Antibakteri dan antijamur

Madu memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur, karena itu madu dapat digunakan sebagai antiseptik alami.

Madu Sebagai Antioksidan

Madu mengandung nutraceuticals, yang efektif dalam menghilangkan radikal bebas dari tubuh kita. Dengan demikian kekebalan tubuh kita meningkat. (lebih lengkap tetang makanan menggandung antioksidan)

Madu Bermanfaat Dalam Perawatan Kulit

Susu dan madu sering disajikan bersama-sama sebagai bahan perawatan kulit halus. Oleh karenanya banyak orang mengkonsumsi susu dan madu setiap hari.

itulah beberapa Kegunaan madu dalam kesehatan, Anda bisa mengkonsumsinya secara mentah, atau mencompur madu dengan makanan lainnya seperti susu dan telur.

About these ads

Posted on April 12, 2012, in Kegunaan Madu and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: